Minggu, 06 Desember 2009

Desain Button dengan Macromedia Firework

Belum lama ini ada temen yang nanya buat button yang menarik itu gimana? Melalui tulisan ini saya akan berbagi cara membuat button yang sederhana tapi tetap menarik.








Langkah pertama buka macromedia firework dan anda akan mendapatkan tampilan seperti gambar di bawah ini, kemudian pilih Firework file.






















Setelah memilih firework file maka akan muncul jendela baru untuk menetukan dimensi button yang akan dibuat. Tentukan width : 80 px dan height : 35 px, untuk canvas color pilih custom. Selanjutnya silahkan klik OK.

























Nah…anda telah memasuki jendela firework (Gb. 3)



























Untuk memulai membuat button, pilih rounded rectangle (Gb. 4a) dan dengan mengugunakan mouse seret di area kerja firework (Gb. 4b), kemudian pada width isikan 80 px dan height 35
untuk X: 0,dan Y:0. (Gb. 4c).












Sekarang tulisakan text pada rounded rectangle yang telah dibuat tadi, caranya pilih A pada toolbox selanjutnya langsung diketik saja seperti mengetik pada Ms. Word. Bila ingin menjadikan teks HOME center terhadap rounded rectangle, dengan bantuan shift pada keyboard klik HOME dan Rounded Rectangel pilih Modify kemudian pilih align dan gunakn pilihan menu Center Vertikal, ulangi sekali lagi untuk menjadikan Center Horisontal, maka teks HOME yang dibuat akn center terhadap Rounded Rectangel.



























Sekarang kita mempercantik button dengan memberikan kesan button ini 3D. Langkah-langkahnya :
Copy gambar rounded rectangle yang telah dibuat, kemudian berikan warna #FFFFFF (putih) (Gb. 6a). Langkah berikutnya pilih Commands didalmnya ada pilihan lagi pilih yang Creative kemudian klik Fade Image (Gb. 6b). Maka akan muncul jendela fade image (Gb. 6c), pilih gambar yang sebelah atas lebih jelas daripada bawah seperti pada gambar 6c kemudian klik OK.





















Selamat mencoba!!!!




2 komentar:

Anonim mengatakan...

Desainnya ciamik, khususnya headernya. contentnya ditambah terus..biar tambah mantap.

Dikdo H mengatakan...

makasih....dah jadi mampir...segera ditambah artikelnya...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates